Minggu, 15 April 2012

Geosynthetics Untuk Bangunan Pantai

Wah akhirnya posting lagi. Kali ini tetep dengan tema geosynthetics tapi kali ini geosyntheticnya untuk bangunan pantai yah khususnya. 

Perkembangan penggunaan material geosynthetics untuk bangunan pantai di Indonesia saat ini sudah mulai baik. Beberapa riset menggunakan material geosyntheticspun sudah banyak dilakukan. Kebetulan tahun 2011 kemarin perusahaan tempat aku bekerja sudah menyelesaikan cukup banyak project pantai menggunakan material geosynthetics.

Berikut beberapa dokumentasi projectnya :


Softrock Mega Containers


Softrock Containers

Jenis material geosynthetics yang digunakan untuk sistem ini adalah nonwoven geotextile. Alasan menggunaan material nonwoven yaitu material nonwoven memiliki elongasi yang baik yaitu + 30%.   Elongasi ini membuat sistem akan dengan baik menyesuaikan kontur tanah yang nantinya bisa menghindari bahaya secouring. Selain elongasi yang baik material nonwoven juga memiliki kemampuan filtrasi yang baik karena porositas yang tinggi. 

Pemilihan material untuk bahan dasar pembuatan sistem ini harus sangat baik untuk memastikan struktur bangunan memiliki life time yang panjang. Pengujian - pengujian material sangant perlu di lakukan atau sertifikat pengujian harus ada dari material agar menjamin kualitas material terjaga. 

Dari segi biaya konstruksi sistem ini untuk beberapa daerah yang kesulitan material dasar batu untuk strukturnya lebih ekonomis dengan tingkat pengerjaan yang cukup mudah.

Demikian posting dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar